Intel dan AMD Bersatu Dalam Prosesor i7-8809G dengan Radeon Vega di Dalamnya

Akhirnya setelah lama Intel dan AMD tidak bekerjasama, ternyata beberapa waktu ini mereka merencanakan sebuah prosesor bertenaga grafis dari AMD, yakni versi terbarunya RX VEGA yang mungkin telah memikat hati Intel sendiri.

Hal itu terkuak ketika Intel telah secara tidak sadar menerbitkan rincian CPU tanpa pemberitahuan dengan grafis AMD Radeon RX Vega yang terintegrasi langsung pada paket prosesor. Pada bulan November 2017, Intel dan AMD mengirim komunitas penggemar PC ke dalam hiruk-pikuk dengan sebuah pengumuman bersama yang belum pernah terjadi sebelumnya, bahwa kedua saingan tersebut berkolaborasi untuk meluncurkan satu atau lebih produk semacam itu.
Foto : NDTV
Pada saat itu, Intel hanya menyatakan bahwa CPU ini akan masuk ke jajaran generasi ke delapan dengan peluncuran pada kuartal pertama 2018, yang menimbulkan beberapa anggapan kalau akan diperkenalkan pada bulan Januari ini. Yang sekarang tampaknya tepat, dengan daftar premis Intel Core i7-8890G muncul di halaman yang membandingkan fitur overclocking dari berbagai CPU kelas atas di situs web Intel India.

Itu terlihat oleh Anandtech dan diverifikasi oleh Gadget 360, namun sejak itu telah dihapus. Menurut daftar, CPU baru akan menampilkan 'Radeon RX Vega M GH GPU' serta GP Graphics HD Graphics 630 terintegrasi milik Intel. Ini menegaskan bahwa GPU Radeon pada dasarnya adalah GPU diskrit yang berbagi paket CPU fisik, namun bukan bagian dari CPU aktual yang mati dengan cara yang sama seperti GPU terintegrasi.

Intel kemungkinan akan menemukan cara untuk menyeimbangkan beban sehingga GPU Radeon dapat ditutup sepenuhnya bila tidak diperlukan, untuk menghemat daya dan mengurangi keluaran panas. Core i7-8809G yang konon terlihat seperti prosesor quad-core dengan Hyper-Threading untuk delapan benang efektif, dengan kecepatan clock 3.1Ghz. Tidak diketahui apakah ini adalah kecepatan clock dasar atau kecepatan turbo maksimum, namun lebih cenderung menjadi yang pertama berdasarkan perbandingan dengan CPU lainnya. Ini memiliki cache 8MB dan TDP 100W.

Daftar tersebut adalah bagian dari tabel yang mencakup semua CPU desktop terkini Intel yang tidak terkunci dan juga rangkaian Gen X-series ke-7, yang semuanya overclockable. Tidak jelas apakah Core i7-8809G juga merupakan CPU desktop soket, dan jika demikian, apakah akan memerlukan soket dan motherboard baru. Intel diperkirakan menargetkan segmen laptop high-end dengan peluncuran ini, namun TDP 100W menimbulkan pertanyaan tentang manajemen thermal dalam faktor bentuk laptop.

Untuk AMD, GPU adalah desain semi custom seperti yang disuplai ke produsen berbagai konsol game. Kita sudah tahu bahwa Vega di desktop berjalan dengan panas dan menarik banyak tenaga, jadi akan sangat menarik untuk melihat bagaimana arsitektur tampil pada level ini. Jadi silahkan tunggu bagaimana kelanjutan dari duet baru Intel dan AMD ini, apalagi pakai GPU RX Vega yang terbaru.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »