Gak Disangka, Hanya 1 Dari 10 Akun Gmail di Dunia yang Gunakan Verfikasi 2 Langkah

Pasti kalian sekarang memiliki akun gmail aktif yang dipergunakan dalam urusan komunikasi, hiburan, bahkan game. Namun apakah akun gmail mu tersebut sudah terlindungi oleh verfikasi 2 langkah, jika tidak kamu berarti sama dengan 9 dari 10 pengguna gmail yang tidak mengaktifkannya.

Akun pengguna di Gmail layanan email Google telah memiliki autentikasi dua faktor selama hampir tujuh tahun terakhir. Ada sebuah laporan baru yang cukup mengagetkan dimana menunjukkan bahwa kurang dari 10 persen atau hanya 1 dari 10 pengguna akun Google mengaktifkan 'verifikasi 2 langkah' nya. Sebuah studi tahun 2016 juga mengungkapkan bahwa sekitar 12 persen orang Amerika menggunakan manajer kata kunci untuk melindungi kata sandinya.
Foto : Riaddle
Sebuah laporan oleh The Register menyatakan bahwa perancang perangkat lunak Google Grzegorz Milka mengungkapkan angka-angka ini pada publikasinya. Milka juga mengatakan, "Ini tentang berapa banyak orang yang akan kita keluarkan (secara paksa) jika kita memaksa mereka untuk menggunakan keamanan tambahan," hal ini ketika ia ditanya mengapa Google belum membuat autentikasi dua langkah yang wajib pada akun Gmail.

Turut Baca : Spesifikasi dan Harga Laptop Asus A456UR Core i5 2018

Dia mengklaim bahwa kurang dari satu dari sepuluh akun aktif yang menggunakan fitur ini terkait dengan kegunaannya. Laporan tersebut mengklaim bahwa sejumlah besar pengguna mengalami masalah saat memasukkan kode akses yang dikirim melalui SMS, saat mencoba menyiapkan verifikasi 2 langkah. Dan kita tahu sendiri kan kalau verifikasi 2 langkah yang membutuhkan sms akan semakin ribet, apalagi kalau yang kelupaan bawa smartphonennya.

Verifikasi 2 langkah Google bekerja dengan meminta kata sandi dan lapisan keamanan lainnya - biasanya kode dikirim ke nomor telepon atau Kunci Keamanan Google Authenticator. Fitur ini sangat membantu dalam melindungi terhadap tindakan pembobolan akun dari perangkat lain. Hal itu dinilai ampuh, karena pelaku mau tidak mau harus melewati verifikasi 2 langkah tersebut, dalam hal ini nomor ponsel atau Security Key di Google Authenticator untuk masuk ke akun.

Menurut laporan tersebut, Google juga berupaya mencegah pembajakan bahkan tanpa verifikasi 2 langkah. The Mountain Giant "telah meningkatkan penggunaan heuristik untuk mendeteksi perilaku mencurigakan." Kami mendorong pengguna untuk menggunakan verifikasi 2 langkah di akun Gmailnya. Proses keamanan tambahan ini, walaupun praktis dalam jangka pendek, bermanfaat pada saat-saat ketika isu-isu seperti ransomware dan hacks Bitcoin mengganggu di dunia digital.

Bacaan Lainnya : Valir, Hero Baru Mobile Legend Bertipe Mage Kekuatan Api

Wah jadi mulai sekarang kalian yang belum mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini sebaiknya cepat lakukan, apalagi yang punya akun game seperti MLBB ataupun game lain, karena kan sayang kalau udah level gede tapi malah dibobol orang lain.

Tags : akun gmail, hack akun gmail, cara kembalikan akun gmail

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »