Mengenal Tingkatan Processor Intel dari Termurah sampai Termahal

Bagi kalian yang masih bingung dalam computer gaming di dalamnya harus ada apa saja, pasti pertama kali akan menuju pada jenis prosesor yang digunakan, yang biasanya ada urutan prosesor intel mana yang sebaiknya akan dibeli.

Ditambah lagi dengan pikiran jika ingin mengambil laptop sebagai perangkat yang handal dibawa kemana-mana, biasanya akan bingung semisal intel celeron n4000 setara dengan prosesor intel desktop mana, atauapun apakah amd a9 setara dengan prosesor ini atau tidak. Intel memang gemar dalam membedakan atau mengurutkan tingkatan processornya, hal ini dilakukan untuk membagi pangsa pasar yang akan dituju.

source : intel

Bagi kalian yang masih pemula nih, ada beberapa infromasi terpenting dalam memilih processor intel sebagai prosesor terbaik menurut anda. Berikut ialah beberapa tingkatan processor intel yang bisa menjadi patokan kalian dalam memilih:

1. Intel Atom

Biasanya tingkatan processor intel ini berada pada low-entry, terutama untuk produk laptop. Karena memiliki keunggulan dalam kinerja cepat walaupun hanya mengkonsumsi daya yang rendah, biasanya laptop yang terintegrasi umumnya laptop yang cukup ringan.

2. Intel Celeron

Tidak jauh dengan tingkatan intel sebelumnya, prosesor ini merupakan prosesor intel yang paling banyak dipakai oleh laptop dengan harga yang cukup rendah juga. Biasanya kita akan menjumpai laptop dengan spesifikasi di dalamnya intel celeron n4000 yang setara dengan prosesor apa sehingga kok menjadi primadona dipakai para produsen laptop.

3. Intel Pentium

Banyak yang salah sangka dengan produk intel yang satu ini, banyak yang mengira jika intel pentium itu jelek sampai mengkambing hitamkannya, padahal untuk tahun ini prosesor intel pentium cukup bisa diandalkan. Bahkan untuk gaming pc sekarang cukup mumpuni bagi kaum gamer dengan budget terbatas.

4. Intel Xeon

Mungkin jarang orang mendengar intel xeon, apalagi bagi orang awam. Padahal intel xeon ditujukan untuk workstation, sehingga tingkatan processor intel ini berada pada jajaran yang cukup tinggi. Kegunaan pada pekerjaan berat dan terus menerus, biasanya juga dijadikan sebagai bagian dari komputer server.

5. Intel Core

Nah disinilah banyak orang mengenal seperti intel i3, intel i5, intel i7 dan intel i9. Biasanya intel i3 untuk pemula, sedangkan intel i5 digunakan untuk lebih advanced dalam multitasking serta gaming, intel i7 untuk gaming dan workstation berat, sedangkan untuk intel i9 untuk memenuhi segalanya termasuk dengan dukungan refresh rate tinggi serta fps yang tinggi.

Nah dari beberapa tingkatan processor intel ini ada yang namanya generasi, dimana akan dihitung setiap tahun biasanya. Setiap tahun akan meningkat pula jenis kinerja dari generasi sebelumnya, sebagai suksesor tiap prosesor yang biasanya akan ditandai dengan kode yang sama pada akhir seri. Dari intel i3 termurah sampai intel i9 yang termahal.

Jika ada yang bertanya, pilih intel i7 generasi 7 atau intel i3 generasi 11, maka saya akan menjawab lebih baik menggunakan intel i3 11th karena fitur yang ditawarkan lebih banyak serta peningkatan performanya lebih baik. Nah bagaimana kawan tentang tingkatan processor intel ini?, sudah tahukah jenis prosesor mana yang akan dipilih dalam membangun pc maupun memilih laptop nantinya?


Tags:

intel pentium

intel n4000

intel core i3

Share this

Related Posts

Terbaru
Sebelumnya
Next Post »