Wow, Aplikasi ini Bisa Beritahu Lokasi Area Walaupun Tanpa Koneksi Apapun

Para pakar teknologi telah mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat digunakan dalam situasi darurat yang timbul karena gempa bumi, banjir atau kebakaran hutan, di mana infrastruktur jaringan sering kali tidak bisa digunakan.

Sistem yang dibuat oleh para periset di Universidad de Alicante (UA) di Spanyol memungkinkan untuk menemukan orang-orang yang pernah mengalami kecelakaan di lokasi terpencil tanpa sinyal telepon dan di mana penyelamatan cepat sangat penting untuk menyelamatkan nyawa. "Kami telah merancang aplikasi (aplikasi) yang dapat digabungkan ke smartphone mana pun dan tanpa sinyal, memancarkan sinyal Wifi yang bertindak sebagai suar tertekan dalam jarak beberapa kilometer," kata Jose Angel Berna, pencipta teknologi dan profesor di UA.
Foto : Hongkiat.com
Sinyal ini berisi lokasi (koordinat) orang yang telah mengalami kecelakaan atau hilang dan menggunakan emitor smartphone, disertai pesan singkat yang bisa diubah tergantung situasinya, dengan contoh seperti "Saya terluka," " Saya lumpuh, "atau" Saya butuh bantuan, "kata Berna. Untuk mendeteksi sinyal marabahaya, para periset juga menciptakan perangkat reseptor ringan dan ringan yang bisa digunakan tim penyelamat atau tempat penampungan gunung.

Perangkat ini memiliki antena kecil dan terhubung ke smartphone dari pihak pencari. Ketika terjadi kecelakaan, korban hanya harus mengaktifkan aplikasi telepon genggam, yang pada akhirnya akan mengeluarkan sinyal marabahaya secara berkala selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, bahkan jika tidak sadar mengindikasikan koordinat lokasinya.

Selama pengujian dilakukan di darat dan laut, dikonfirmasi bahwa perangkat tersebut dapat mengambil sinyal bahaya dari pemancar smartphone hingga jarak dua atau tiga kilometer, meskipun memungkinkan untuk meningkatkan jangkauannya, kata periset. "Saat ini, tidak ada sistem di dunia yang menggunakan sinyal Wi-Fi untuk menemukan lokasi smartphone. Ada perangkat yang memungkinkan Anda mendeteksi sinyal ponsel dari smartphone dan menentukan lokasinya melalui triangulasi, namun harganya sekitar EUR 80.000 (sekitar Rs 61 lakh) dan membutuhkan penggunaan helikopter, "kata Berna.

Wah keren banget ya guys, apalagi misalnya kalian sedang kecelakaan atau tertimpa musibah di tempat terpencil, maka ketika ada petugas penyelamat datang yang jaraknya beberapa kilo akan bisa dengan cepat menemukanmu, jadi semakin banyak nyawa terselamatkan.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »