25 Tahun dari Sekarang, SMS yang Pertama di Dunia Berhasil Dikirimkan

Siapa sih yang tidak kenal dengan SMS, yakni suatu fitur di beragam ponsel baik pada zaman dulu maupun sekarang. SMS ini sangat berguna dalam berkomunikasi dengan orang lain selain melewati telepon, apalagi kalau pulsanya tinggal dikit karena biaya SMS lumayan terjangkau.

Bicara mengenai SMS, tanggal 2 desember kemarin tepat diperingatinya 25 tahun dari SMS yang pertama kali dikirimkan. SMS pertama dikirim pada tanggal 02 Desember 1992 untuk Vodafone oleh seorang insinyur berusia 22 tahun bernama Neil Papworth. Menariknya, SMS pertama dikirim dari komputer, dan mengatakan "Selamat Natal." Penerima adalah Richard Jarvis, seorang direktur Vodafone saat itu, melansir NDTV.
Foto : Mobileshop.eu
Pada tahun 1993 Nokia memperkenalkan fitur SMS pada handsetnya, dengan batas 160 karakter. Hal itu pun semakin terus berkembang, dan pada tahun 1999 pesan teks dapat saling kirim melalui jaringan telekomunikasi (operator) yang berbeda, dan pada akhirnya emoji pertama dibuat di Jepang. Sejak saat itulah SMS terus berkembang, dan sangat banyak digunakan oleh hampir semua pengguna ponsel sebelum aplikasi chatting ponsel dirilis.

Pengguna dan pabrikan ponsel pun menggunakan segala macam cara pada waktu tahun 1990 an dan 2000 an agar para konsumen dan pelanggan nyaman akan layanan SMS. Salah satu yang mungkin dikenal ialah berupa gambar SMS, khususnya di ponsel jadul seperti Nokia dan Sony Ericsson yang bisa menerimanya. Terlebih lagi gambar SMS itu bukanlah termasuk Multimedia, melainkan teks yang dikonversi menjadi gambar.

Kembali lagi pada sejarah SMS yang pertama kali dikirim, Papworth mengatakan tentang SMS tersebut, "Pada tahun 1992, saya tidak tahu seberapa populernya SMS, dan ini akan memunculkan aplikasi emu dan pesan yang digunakan jutaan orang. Baru-baru ini saya memberitahu anak-anak saya bahwa saya mengirimkan teks pertama itu. Melihat ke belakang dengan melihat ke belakang, lebih jelas melihat bahwa pesan Natal yang saya kirim merupakan momen penting dalam sejarah mobile. "

Dia mengaku bangga, karena dia adalah orang pertama yang mengirim SMS, walaupun sekarang sudah tergantikan oleh berbagai aplikasi chatting yang sangat menarik dengan fitur lengkap yang memanjakan penggunanya.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »