Keren, Kini Facebook Akan Memberitahu Jika Ada Teman yang Upload Fotomu

Teman yang iseng upload foto jelek kita memang akan menjadi kejahilan tersendiri, apalagi kalau sampai beri caption yang gak jelas, dan parahnya malah kita kadang tidak mengetahuinya, sehingga memang diperlukan notifikasi yang akan mengingatkan kita.

Facebook sendiri akan memulai hal tersebut, karena Facebook mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan mulai menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk memberi tahu orang-orang di jejaring sosial saat orang lain mengupload foto mereka, jika mereka setuju membiarkan perusahaan menyimpan template wajah yang ada dalam arsip. Sehingga walaupun bertemu orang yang gak dikenal pas jalan-jalan, nanti bisa ketemu di Facebook deh.
Foto : Business Insider
Perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya membuat fitur itu opsional untuk memungkinkan orang melindungi privasi mereka, namun diperkirakan beberapa orang ingin diberitahu tentang gambar yang mungkin tidak mereka ketahui. Fitur tersebut tidak akan segera tersedia di Kanada dan Uni Eropa, kata Facebook. Undang-undang privasi umumnya lebih ketat di yurisdiksi tersebut, meskipun perusahaan mengatakan bahwa mereka berharap dapat menerapkan fitur ini di masa depan.

Teknologi pengenalan wajah telah menjadi bagian dari Facebook sejak setidaknya tahun 2010, ketika jaringan sosial mulai menawarkan saran untuk diberi tag pada sebuah foto. Fitur itu juga bersifat opsional. Bagi mereka yang telah memilih, Facebook menciptakan apa yang disebut template wajah seseorang dengan menganalisis piksel dari foto yang orangnya sudah ditandai. Kemudian membandingkan gambar yang baru diupload ke template.

Walaupun begitu, pengguna Facebook dapat menghapus template bagi siapa pun yang kemudian memilih keluar, Rob Sherman, petugas privasi kepala wakil Facebook, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Di bawah fitur baru ini, orang-orang yang telah memilih akan mendapatkan notifikasi dari Facebook jika foto mereka telah diunggah oleh orang lain bahkan yang tidak dikenal, walaupun hanya jika foto itu yang mereka akses.

Perusahaan berencana untuk menambahkan tombol "on / off" untuk memungkinkan pengguna mengendalikan semua fitur Facebook yang terkait dengan pengenalan wajah, Sherman mengatakan. "Kami pikir penting untuk memiliki cara yang benar-benar langsung untuk mengendalikan teknologi pengenalan wajah," katanya. Dengan begini akan semakin fleksibel saja pengaturan privasi dan notifikasi yang ada di dalam Facebook.

Nah bagaimana menurut kalian sobat Infia Tekno, apakah jik fitur tersebut ada di Indonesia maka akan semakin bagus atau malah semakin mengganggu, padahal kalau mengganggu nantinya akan ada on off privasi jadi jangan khawatir kebanyakan notifikasi yang upload foto yang ada dirimu.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »