Google Maps Go, Aplikasi Ringan yang Gak Bikin Lelet Smartphonemu Lagi

Pernah beredar bahwa Google Maps Go akan segera hadir di Play Store, dan hari ini terjawab sudah, karena Google benar-benar mewujudkannya supaya para pengguna smartphone Android Low-End dapat menikmati tanpa khawatir dengan kelemotan.

Sebenarnya Google Maps Go bukanlah aplikasi versi lite yang pernah dirilis oleh Google sebelumnya, mungkin kalian pernah nonton iklan Youtube Go, Gmail Go, bahkan semua yang ada embel-embel Go dibelakangnya. Itulah yang dinamakan evolusi Google untuk memanjakan para pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah, karena menurut data mereka para pengguna smartphone tersebut belum mau beralih ke smartphone dengan spesifikasi lebih tinggi.
Foto : Updato.com
Apalagi aplikasi Google yang berakhiran Go itu memang dibuat untuk spesifikasi Android Jelly Bean dan versi diatasnya, hal ini menguatkan bahwa memang aplikasi tersebut ditujukan untuk pengguna lawas dan low-end. Bahkan Google sendiri bilang bahwa aplikasi itu bisa berjalan dengan mulus pada smartphone dengan RAM dibawah 1GB sekalipun, tapi dengan catatatan minimal dengan RAM 512MB baru bisa berjalan.

Aplikasi ini pada intinya menyediakan jalan pintas dari Google Maps Progresif Web App (PWA), laporan Polisi Android. Versi Maps Go ini - yang dapat diakses di ponsel dari sini - menawarkan fitur serupa seperti aplikasi utama, termasuk mendeteksi lokasi Anda, memberi petunjuk, dan informasi lalu lintas untuk mobil, angkutan umum, dan berjalan kaki. Ini memiliki dukungan untuk 70 negara dan mengklaim tidak mengambil banyak ruang di telepon.

VP Google Engineering Shashidhar Thakur menyatakan di sela-sela Google for India, tujuan utama pengembangan Google Go adalah membantu pengguna smartphone baru "datang di Internet", dan membantu mereka mengakses Web dengan mudah. Android Oreo (Go edition) telah diluncurkan dengan fokus yang jelas ke pasar India dengan harapan bisa mendapatkan jutaan pengguna untuk mengalami Android dengan perangkat keras yang terjangkau.

Nah bagaimana menurut kalian sobat, jika kalian mempunyai smartphone lawas dan masih tidak ingin berpindah, maka sebaiknya kalian gunakan aplikasi dari Google Go yang menawarkan kinerja ringan dan tak memakan ruang ini.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »