Miris, Kecepatan Internet Indonesia Termasuk yang Terburuk di Asia Tenggara

Kecepatan internet yang lemot kadang membuat kita jengkel dan bisa sampai ngamuk, karena pada dasarnya waktu kita akan terkuras jika diharuskan menunggu file yang didownload tersebut, apalagi kalau download file yang besar.

Bicara mengenai kecepatan internet tersebut, Ookla baru saja menerbitkan laporan bulanan peringkat kecepatan internet dari seluruh dunia, yang didalamnya terdapat 122 negara. Dalam daftar peringkat tersebut terdapat peringkat yang dinilai dari kecepatan mobile yang sering kita pakai yakni dalam smartphone maupun gadget lainnya, dan Broadband atau yang kita kenal dengan jaringan kabel entah itu fiber atau tembaga.
Foto : Ookla
Mirisnya dari hasil tersebut peringkat Indonesia dalam kecepatan internet baik mobile maupun broadband malah nyungsep di posisi bawah, bahkan bisa jadi menjadi yang terburuk dari negara-negara asia tenggara di dalam daftar peringkat tersebut. Indonesia berada pada peringkat bawah memang dikarenakan posisi wilayah Indonesia yang berpulau-pulau serta bergunung-gunung, sehingga penyebaran sinyal dan jaringan malah terasa lambat.

Di peringkat mobile sendiri Indonesia malah turun 4 peringkat dari bulan Oktober lalu, kini Indonesia berada pada posisi ke-106 dengan kecepatan rata-rata download 9.73 Mbps yang bahkan dikalahkan oleh Brunei sekalipun, di bawah Indonesia tidak ada negara asia tenggara lagi yan masuk dalam daftar. Negara lain seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei, Bahkan Laos jauh diatas Indonesia.

Di dalam peringkat Broadband juga tidak jauh terpuruknya dari peringkat Mobile, Indonesia berada pada posisi ke-93 sama dengan bulan sebelumnya, namun kini memiliki kecepatan internet 13,38 Mbps. Yang membedakan dengan peringkat mobile selain rangking itu sendiri ialah Laos yang berada pada bagian bawah Indonesia, tapi perlu di ingat bahwa kecepatan internet mobile Laos masih lebih tinggi daripada Indonesia yakni sebesar 13,77 Mbps.

Pemimpin di kecepatan internet jaringan mobile ialah Norwegia dengan 62,66 Mbps, dan di jaringan broadband ialah Singapura dengan kecepatan 153,85 Mbps. Sedangkan untuk negara pemilik kecepatan yang paling lambat di jaringan mobile ialah Iraq dengan hanya 3,12 Mbps saja, dan di jaringan broadband diduduki oleh Algeria dengan 3,76 Mbps. Namun perlu diingat kalau ini hanya dilakukan oleh 122 dan 133 negara saja.

Nah bagaimana pendapat kalian sobat Infia Tekno, berapa nih kecepatan internet sobat, kalau saya masih diangka 14 Mbps rata-ratanya, kalau yang tertinggi sempat mencapai angka 45,29 Mbps yang menurut saya sangatlah cepat.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »