Coffe Lake, Generasi Terbaru Intel yang Miliki Performa Luar Biasa untuk Saingi AMD Ryzen

Mungkin kalian beberapa bulan lalu telah dikagetkan oleh prosesor AMD yang mengeluarkan seri Ryzen dimana prosesor tersebut memiliki performa yang jauh lebih baik dari seri Kabylake dengan rentang harga yang sama atau bahkan lebih murah.

Untuk menjawab persoalan tersebut, Intel kemudian mengeluarkan seri terbarunya lagi yang diberi nama Coffe Lake, dimana prosesor i3 sudah dilengkapi oleh prosesor Quad Core dan 4 Thread layaknya prosesor Ryzen 3 di rentang harga yang sama. Hal tersebut pun diikuti oleh prosesor i5 dan i7 yang memiliki jumlah core dan thread lebih banyak dibandingkan dengan seri sebelumnya, yakni sampai Hexa Core dan 12 Thread.
Foto : Amazon.com
Seri Coffe Lake juga mempunyai teknologi terbaru selain dilihat dari jumlah Core dan Threadnya tersebut tadi, yakni tentang teknologi Thunderbolt 3 yang menghilangkan kerumitan akibat banyaknya kabel dan dapatkan satu port ringkas yang serbaguna daya untuk PC, transfer data, dan terhubung ke layar 4K UHD. serta Intel Optane Technology yang dapat mengulangkan kendala pemerluan penyimpanan berlebih dalam pemrosesan.

Seri terendah yang dikeluarkan oleh Intel Coffe Lake ialah i3 8100 dimana dijual dengan harga 1,8 jutaan (melansir harga di Tokopedia). Walaupun dianggap cukup mahal, namun prosesor ini memberikan kekuatan prosesor dengan Quad Core serta 4 Thread dengan kekuatan 3,6 Ghz dan 6MB Cache. Base listrik yang digunakan pun hanya sebesar 65 Watt saja, mirip dengan prosesor AMD Ryzen yang konsumsi daya listrik terendahnya ialah 65 Watt.

Sedangkan untuk seri tertingginya untuk saat ini ialah i7 8700K yang dijual di Tokopedia dengan harga 6,3 jutaan. Dengan Hexa Core dengan 12 Thread berkekuatan 3,7 Ghz yang dapat di turbo sampai 4,7 Ghz menjadikannya sangat cepat dalam bekerja maupun bermain game, Cachenya pun sudah 12 MB, serta konsumsi dayanya 95 Watt saja. Memanglah tepat jika yang punya prosesor i7 7700K harus pindah ke prosesor ini, karena perbedaan dari keduanya cukup signifikan.

Sayangnya dari keunggulan seri Coffe Lake tersebut, pihak Intel sendiri masih tidak membebaskan pengguna yang membeli selain produk akhiran K, karena jenis prosesor tersebut tidak bisa di Overclocking, berbeda dengan Ryzen yang kesemua prosesornya bisa di Overclock.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »