Samsung Mulai Produksi Memori 512GB Pertama untuk Perangkat Mobile

Samsung memang terkenal dengan inovasi-inovasi baru yang diadakan demi menarik perhatian calon pelanggannya, baik dari sisi perangkat lunak yang baru diperkenalkan kemarin yakni Bixby maupun perangkat keras yang akan diperkenalkan nantinya seperti memori telepon sebesar 512GB.

Perusahaan raksasa dari Korea Selatan itu telah mulai memproduksi secara massal memori 512GB nya, yang diumumkan pada hari Selasa kemarin. Langkah ini tentu akan melipatgandakan kapasitas maksimum saat ini sebesar 256GB yang tersedia di Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Tidak diketahui kapan waktu yang tepat saat chip ini bisa diluncurkan untuk digunakan pada perangkat mobile, tapi ada yang berkeyaikan bahwa memori ini pasti akan digunakan oleh smartphone flagship di masa mendatang.
Foto : news.samsung.com
Dengan memanfaatkan chipset terbaru V-NAND 64-lapisan 512-gigabit dari Samsung (delapan di antaranya), paket eUFS 512GB yang baru menyediakan kapasitas penyimpanan rekaman dan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, dari klaim yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Mereka juga mengatakan kalau solusi eUFS yang baru akan memungkinkan smartphone unggulannya dalam menyimpan sekitar 130 klip video 4K Ultra HD (3840x2160) dengan durasi 10 menit.

"Desain rangkaian tingkat tinggi dengan 64-layer 512Gb V-NAND yang canggih dan teknologi manajemen daya yang baru di pengontrol eUFS 512GB, meminimalkan peningkatan energi yang tak terelakkan, yang sangat penting karena solusi eUFS 512GB yang baru mengandung dua kali jumlah sel dibandingkan dengan 256GB eUFS. Selain itu, chip controller 512GB eUFS 'mempercepat proses pemetaan untuk mengubah alamat blok logis menjadi blok fisik, "kata perusahaan itu dalam pernyataannya.

Selain dalam penyimpanan data, mereka juga memfokuskan dalam hal kecepatan read dan write memori. Kecepatan baca dan tulis yang mereka klaim bisa sampai 860MBps dan 255MBps, hal ini menjadi pertanda kalau file beresolusi tinggi yang lebih besar dapat ditransfer dalam waktu relatif singkat. Pada percobaan secara acak, eUFS 512GB dapat membaca 42.000 IOPS dan menulis 40.000 IOPS, yang lebih dari 400 kali lebih cepat daripada kartu microSD biasa.

Samsung pun telah mengkonfirmasi apa-apa tentang perangkat mana yang akan mendapatkan chip 512GB barunya, namun beberapa pihak mereka akan menggunakannya juga pada Galaxy S9 dan S9 +. Sehingga terdapat pilihan Samsung Galaxy S9 dengan pilihan memori terbesar yakni 512GB sampai yang terendah mungkin 64GB. Dan semoga saja nanti banyak dari para produsen smartphone yang menggunakan memori 512GB di flagshipnya.

Kesimpulannya memori tersebut memang memori dengan kapasitas besar tersebut akan menjadi solusi, dimana video dengan resolusi 4K sedang gencar dipublikasikan, sehingga di smartphone akan bisa muat lebih banyak video 4K.

Share this

Related Posts

Sebelumnya
Next Post »